Selasa, 06 November 2012

Semester 5 Ekologi



Nama          :    I MADE GDE WIRABUANA
Nim            :    451410008
Kelas          :    Geografi C
Angkatan   :    2010
Tugas          :    Ekologi dan ilmu lingkungan
1.    Buat resume materi ruang lingkup ekologi ?
RESUME :

                        RUANG LINGKUP EKOLOGI
              Ekosistem adalah kesatuan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem juga dapat diartikan sebagai hubungan timbal  balik yang komplek antara organisme dengan lingkungannya. Ilmu yang mempelajari  ekosistem disebut  Ekologi. Kata ekologi atau Oecologie dalam bahasa Jerman, pertama-tama dicetuskan oleh seorang naturalis bernama Ernst Haeckel pada Tahun 1866. Haeckel menciptakan kata itu dengan menggabungkan kata oikos, kata Yunani yang berarti rumah atau rumah tangga, dan kata logos sebuah kata Yunani yang menyebutkan bidang ilmu apa saja. Secara harfiah, ekologi berarti ilmu yang mempelajari rumah.
              Dalam ekologi, kita mempelajari makhluk hidup sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya. Definisi ekologi seperti di atas, pertama kali disampaikan oleh Ernest Haeckel (zoologiwan Jerman, 1834-1914). Ekologi adalah cabang ilmu biologi yang banyak memanfaatkan informasi dari berbagai ilmu pengetahuan lain, seperti: kimia, fisika, geologi, dan klimatologi untuk pembahasannya. Adapun Perbedaan Ekologi dan Ekosistem antara lain : Pada faktor abiotik adalah faktor tak hidup yang meliputi faktor fisik dan kimia. Faktor fisik utama yang mempengaruhi ekosistem adalah sebagai berikut :
a.       Suhu yang berpengaruh terhadap ekosistem karena suhu merupakan syarat yang diperlukan organisme untuk hidup.
b.      Sinar Matahari yang mempengaruhi ekosistem secara global karena matahari menentukan suhu.
c.       Air yang  berpengaruh terhadap ekosistem karena air dibutuhkan untuk kelangsungan hidup organisme.
d.      Tanah yang merupakan  tempat  hidup  bagi  organisme.  Jenis  tanah  yang berbeda menyebabkan organisme yang hidup didalamnya juga berbeda.
e.       Ketinggian suatu tempat menentukan jenis organisme yang hidup di tempat tersebut, karena ketinggian yang berbeda akan menghasilkan kondisi fisik dan kimia yang berbeda
f.       Angin yang berperan dalam menentukan kelembapan juga berperan dalam penyebaran biji tumbuhan tertentu.
g.      Garis Lintang yang berbeda menunjukkan kondisi lingkungan yang berbeda pula. Garis lintang secara tak langsung menyebabkan perbedaan distribusi organisme di permukaan bumi.
Adapun Organisasi dalam ekologi adalah:
1.      Individu adalah suatu individu merupakan kesatuan genetik yang sama.
2.      Populasi merupakan sekumpulan individu dari jenis yang sama dan terjadi bersama-sama pada suatu tempat dan waktu.
3.      Komunitas atau biozonose adalah kumpulan populasi yang menempati suatu daerah tertentu. Komunitas dalam ekologi merupakan komunitas biotik dimana anggota-anggotanya mempunyai tempat tumbuh yang sama, misalnya komunitas burung.
4.      Ekosistem merupakan tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi.
5.      Sosio-ekosistem adalah tingkat organisasi yang lebih tinggi dari ekosistem. Sistem lingkungan masyarakat merupakan suatu ekosistem yang luas dan besar dan terbentuk karena adanya interaksi iklim dan jasad-jasad hidup setempat.
6.      Biosfir merupakan tingkat organisasi biologi terbesar, mencakup semua makhluk hidup di bumi dan berinteraksi antara lingkungan fisik secara keseluruhan.
          Batas wilayah kerja ekologi sangat luas, oleh sebab itu ada bagian-bagian ekologi yang  mengkhususkan perhatiannya kepada bagian-bagian tertentu yaitu:
-          Tingkat organisasi individu-individu dinamakan Autoekologi
-          Tingkat organisasi populasi dinamakan Demoekologi
-          Tingkat organisasi bionose (komunitas) dinamakan Synoekologi
-          Tingkat organisasi ekosistem disebut Ekologi Murni
-          Tingkat organisasi lingkungan masyarakat dan biosfir dinamakan Man and Bioshere Ecology
          Para ilmuwan ekologi mengenal tiga macam rantai pokok, yaitu rantai pemangsa, rantai parasit, dan rantai saprofit.
1.    Rantai Pemangsa adalah tumbuhan hijau sebagai produsen.
2.    Rantai parasit dimulai dari organisme besar hingga organisme yang hidup sebagai parasit.
3.    Rantai saprofit dimulai dari organisme mati ke jasad pengurai.
4.    Rantai Makanan dan Tingkat Trofik adalah dengan peristiwa makan dan dimakan, sehingga terjadi pemindahan energi, elemen kimia, dan komponen lain dari satu bentuk ke bentuk lain di sepanjang rantai makanan.
5.    Piramida Ekologi Struktur trofik pada ekosistem dapat disajikan dalam bentuk piramida ekologi. Ada 3 jenis piramida ekologi, yaitu piramida jumlah, piramida biomassa, dan piramida energi
          Pencemaran Lingkungan menurut ahli lingkungan membagi kriteria lingkungan hidup dalam tiga (3) golongan besar, yakni:
1. Lingkungan  Fisik:  segala  sesuatu  di  sekitar  kita  sebagai  benda  mati.
2. Lingkungan  biologis:  segala  sesuatu  di  sekitar  kita  sebagai  benda  hidup.
3. Lingkungan sosial, adalah manusia yang hidup secara bermasyarakat.
Hubungan Ekologi dengan Ilmu-Ilmu Lain
          Ekologi mempunyai perkembangan yang berangsur-angsur. Dari perkembangan itu semakin terlihat bahwa ekologi mempunyai hubungan dengan ilmu-ilmu lainnya. Untuk mengerti hubungan antara organisme dan lingkungan, semua bidang ilmu yang menerangkan tentang komponen-komponen makhluk hidup dan lingkungan itu sangat diperlukan. Jika berbicara mengenai pencemaran hutan, perkembangan penduduk, masalah makanan, penggunaan energi, kenaikan suhu bumi karena efek dari rumah kaca atau pemenasan global, ozon berlubang dan lainnya, ini berarti juga harus berbicara mengenai ilmu kimia, fisika, pertanian, kehutanan, ilmu gizi, klimatologi, dan lainnya. Boleh dikatakan bahwa semakin terasa bahwa semua orang harus memahami ekologi. Dalam ekologi, istilah populasi dinyatakan sebagai golongan individu-individu dari setiap spesies organisme. Penyebaran, adaptasi dan aspek-aspek fungsi organisme dan komunitas banyak dipelajari dalam ekologi dan erat hubungannya dengan ilmu-ilmu biologi lainnya seperti taksonomi, morfologi, fisiologi, genetika. Sedangkan klimatologi, ilmu tanah, geologi, dan fisika memberikan informasi mengenai keadaan lingkungan. Jadi pengetahuan dan biologi sangat diperlukan bagi seorang ahli ekologi untuk dapat mengungkapkan hubungan antara lingkungan dan dunia kehidupan.
Pembagian Ekologi Ekologi dapat dibagi menjadi 2, yaitu:
1.    Autekologi: membahas pengkajian individu organisme atau spesies. Sejarah-sejarah hidup dan prilaku sebagai cara-cara penyesuaian diri terhadap lingkungan biasanya mendapatkan penekanan.
2.    Synekologi: membahas pengkajian golongan atau kumpulan organisme-organisme yang berasosiasi bersama sebagai satuan.
          Berdasarkan proses pengaliran energi, materi dan informasi dari suatu ekosistem, maka dalam sistem tersebut terbagi atas tiga golongan yaitu:
1.      Produsen : jasad hidup yang mampu menangkap energi sinar matahari dan membentuk bahan-bahan yang mengandung banyak energi (tumbuhan berkhlorofil)
2.      Konsumen : jasad-jasad hidup yang memakan tumbuh-tumbuhan dan/atau hewan; mampu membentuk bahan-bahan organis yang lebih tinggi mutunya dari bahan-bahan yang dimakannya.
3.      Pengurai : jasad-jasad hidup (mikroba) yang dapat mengurai sisa-sisa dari jasad-jasad hidup yang mati (proses mineralisasi).

Referensi :
-       Berkes F, J Colding and C Folke. 2000. Rediscovery of traditional ecological knowledge as adaptive management. Ecological Applications, 10(5): 1251-1262.

2.    Berikan contoh – contoh organisasi ekologi di sekitar tempat tinggalmu?
Jawab:
a.       Individu merupakan suatu kesatuan genetik yang sama dalam hal ini contoh individu yang terdapat di sekitar tempat tinggal antara lain: seekor tikus, seekor kucing, seorang manusia, seekor anjing, seekor cicak dan seekor kuda.
b.      Populasi merupakan sekumpulan individu dari jenis yang sama dan terjadi bersama-sama pada suatu tempat dan waktu, contohnya antara lain: ayam, tikus, nyamuk dan manusia.
c.       Komunitas merupakan sekumpulan berbagai macam populasi makhluk hidup yang hidup dalam suatu wilayah tertentu. Suatu komunitas tersusun dari semua populasi yang hidup dan saling berinteraksi antara satu dengan yang lain dalam suatu wilayah dan waktu tertentu. Contohnya dalam hal ini komunitas sawah.
d.      Ekosistem merupakan suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi. Contohnya : Rumput yang di makan kuda dan kuda di pelihara oleh manusia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar